Ternyata Kulit Pria Lebih Awet Muda Dibandingkan Wanita

Rabu, 06 September 2017 - 16:45 WIB
Ternyata Kulit Pria Lebih Awet Muda Dibandingkan Wanita
Ternyata Kulit Pria Lebih Awet Muda Dibandingkan Wanita
A A A
JAKARTA - Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penuaan. Hal tersebut terlihat dari munculnya kerutan halus di kulit. Namun, pada pria penuaan terjadi secara lambat sehingga mereka tampil lebih awet muda dibandingkan wanita.

Pada dasarnya, kulit memiliki tiga lapisan. Mulai dari bagian terluar, epidermis, dermis dan hipodermis. Pada pria, lapisan dermis memiliki serabut kolagen dengan elastin lebih tebal hingga penuaan terjadi secara lambat.

"Nah keuntungan pria, di lapisan dermis di tengah itu, serabut kolagen dan elastinnya lebih tebal. Suatu riset mengatakan ada perbedaan 15 tahun antara (pria dan wanita), kalau misalnya, dua-duanya tidak dirawat dalam usia yang sama," papar Sekretaris Umum PERDOSKI Dr Srie Prihianti Gondokaryono, SpKK, PhD di Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Meski penuaan pada pria terjadi lebih lambat dibandingkan wanita, namun hal tersebut terjadi tanpa pengaruh eksternal dan perawatan. Oleh karena itu Dr Srie menyarankan agar pria juga rutin melakukan perawatan.

"Perawatan bisa dilakukan mulai dari paling dasar. Seperti membersihkan wajah dengan produk perawatan yang sesuai dengan kebutuhan. Sayangnya, banyak pria yang datang ke kita sudah dengan problem yang berat," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6677 seconds (0.1#10.140)